Lanjut ke konten

About*?><

Wirawan Yogiyatno aka WirawaX

  • Gender: Male
  • Industry: Education
  • Occupation: IT Teacher
  • Location: Sleman – Jogjakarta – Indonesia
  • Official Email: wirawany AT gmail DOT com
  • YM : wirawax

A Little Bit About Me:

Sejak kecil saya suka cerita, bercerita, dan menulis cerita. Teman khayalan saya waktu kecil –umur empat tahun- tidak cuma satu, tapi empat (hiii….). Saya sering menceritakan tentang petualangan saya dan mereka kepada orang tua dan saudara-saudara saya.
Waktu TK, saya kerap banget bercerita kepada teman-teman sehingga mereka lebih tertarik kepada cerita saya daripada atraksi bu guru. Walhasil, saya pun dilaporkan ke ortu saya sebagai pengganggu jalannya KBM.

Karya tulis saya yang pertama adalah komik silat berjudul Pendekar Halilintar. Saya membuatnya pada kelas 3 SD. Jauh sebelum apa yang saat ini sering disebut sebagai komik indie, saya sudah buat komik indie versi saya ini dari kumpulan halaman kosong sisa buku sekolah dan saya edarkan ke teman-teman satu SD. Berhubung kegemaran saya beralih ke memelihara ikan dan keluyuran di pasar hewan, nasib si Pendekar Halilintar pun nggak ketahuan juntrungnya. Setelah 6 seri saya buat, komik ini nggak pernah saya rampungkan.

Sejak SMP saya terobsesi banget untuk menulis cerpen misteri, novel misteri, dan scenario film misteri. Santapan saya adalah karya-karya Ray Bradbury, Stephen King, O. Henry, Edgar Allan Poe, Silvya Townsend Warner, Alfred Hithcock, Herlina Mustikasari, dan yang semacamnya. Saya sempat membuat beberapa outline untuk calon novel dan scenario film.

Perkenalan dengan IT

Gara-gara suka menggambar, tertarik pada komputer untuk menggambar. Pengalaman bekerja dengan komputer dimulai sejak tahun 1994 sebagai penata letak majalah sekolah semasa SMA –dengan Aldus Pagemaker -lupa versinya- dan  CorelDraw4. Perkenalan dengan komputer membuat saya kepingin tahu apa dan bagaimana komputer, karena itu selepas SMA saya kuliah di Ilmu Komputer UGM.

Tidak bisa melepaskan ketertarikan terhadap seni visual, alih-alih nyemplung dunia programming, yang dioprek adalah Macromedia Flash dan Macromedia Director. Toh, akhirnya agak berhubungan secara complicated dengan PHP dan MySQL.

Pengalaman Kerja

Sempat tersesat berkiprah  di dunia tulis-menulis yang memberi saya hikmah sangat banyak. Salah satu hikmahnya adalah keterampilan menulis dan keterlalukritisan terhadap kebahasaan.

Pernah bekerja sebagai multimedia developer dengan senjata Macromedia Director dan Macromedia Flash. Lucky me.

Gara-gara keranjingan berbicara di muka umum, akhirnya mengambil Akta Mengajar di Universitas Negeri Yogyakarta.

Sekarang mengajar mata diklat Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi di SMK N 1 Seyegan Sleman Yogyakarta. Jika Sabtu Ahad, kadang kencan dengan guru-guru SD dan TK untuk belajar bersama menggunakan komputer sebagai tutor Komputer dan Media Pembelajaran Universitas Terbuka UPBJJ Yogyakarta.

Tentang Blog Ini

Blog saya ini merupakan representasi ketertarikan saya kepada beberapa hal di dunia. Mungkin ada kesamaan ketertarikan, ide, pekerjaan, dan sebagainya yang akan membuat Anda menganggap blog saya bermanfaat.

Interest awalnya adalah masalah motivasi, pendidikan, teknologi informasi, dan review film, serta beberapa hal yang saya rasa bisa untuk menghibur orang lain.

Saya berusaha membuatnya menjadi sesuatu yang bermanfaat, walaupun tak spesifik ke suatu maksud bidang tertentu.

Anda mungkin akan menemukan beberapa isi blog sama persis dengan beberapa artikel di beberapa majalah. Penjiplakan? Semoga bukan. Karena saya jamin sayalah yang menulis artikel di beberapa majalah itu. Dan tak ada ikatan antara saya dan pihak majalah untuk tidak mempublish artikel saya ke tempat lain, asal non-komersial.

Jika Anda menemukannya bermanfaat, doakan kebaikan untuk saya. Jika Anda menemukannya tak bermanfaat, doakan agar saya jadi lebih baik.

Oh, ya, adalah hal yang biasa jika Anda merasa tak sependapat dengan orang lain, termasuk saya. Mungkin sebagian isi blog ini menyinggung, menyakiti Anda. Maka, sebelumnya saya mohon maaf.

Selamat mengeksplorasi!

8 Komentar leave one →
  1. Maret 7, 2009 6:06 pm

    Pengalaman jadi pimpinan majalah paling bergengsi di jogja … (halah) manna? 😀

    majalahe ora neng jogja bro, tur aku arep resign (resign untuk kemajuan -tambah pak istoto (trainer) kemarin waktu ngobrol sama beliau)

  2. diki saefurohman permalink
    Maret 13, 2009 3:07 pm

    mas tolong kirimin saya tips2 memaksimalkan blog dengan wordpress dong!

  3. diki saefurohman permalink
    Maret 13, 2009 3:14 pm

    di wordpress bisa pake adsense nggak? kalo bisa tolong ajarin dong!

  4. Juni 8, 2009 6:14 am

    terima kasih bang atas “manajemen waktu”,,,,,,, aku cobaaa metode sampeyan,,,,, aku udah download banyak metode dari google….. karena aku merasa semakin tidak berguna dan tidak maksimal di setiap bidangku karena blum maksimalnya manajemen waktu mengingat jadwal kegiatanku yang bisa dibilang padat dan janji yang mungkin blum sempat terpenuhi…………..

    salam kenal..

  5. Juni 8, 2009 6:33 am

    Duh aku suka banget mas 2 artikel sampeyan tentang manajemen waktu,,, aku udah lama ndak baca buku manajemen waktu, terakhir gua SMA.. ntar sore tak mampir ke toko buku aja,,,, jadi inget udah berbulan bulan aku selalu seperti yang sampyan bahas di manajemen waktu……

    tulisane wuih,,, nyantol banget di otakku. . . tak doakan sampeyan sukses selalu dan ngasih manfaat ke orang laen lewat tulisan sampyan,,, trus menulis bro!

  6. erik permalink
    Juli 14, 2009 6:03 pm

    hallowwwwwww………..pak wirawan……

  7. Oktober 13, 2009 2:48 pm

    Selamat siang pak Wirawan. Blogwalking cari inspirasi. Salam kenal 🙂

  8. September 15, 2011 1:28 pm

    Salam kenal ams Wirawan.. Sama” Blogger jogja 🙂

Tinggalkan komentar