Skip to content

Presentasi PowerPoint secara Dinamis

Juli 13, 2009

Pernah terpikir untuk mempresentasikan sesuatu yang secara otomatis ter-update termutakhirkan?

Saat pak bos minta itu ke saya, yang terpikir adalah web-based, PHP, MySQL, dan AJAX. Ternyata, presentasi ini untuk mempresentasikan hasil olah data sementara penerimaan peserta didik baru (PPDB) di sekolah tempat kerja saya. Sayangnya, panitia PPDB tahun-tahun lalu biasa memakai Excell untuk olah data. Dus, jika saya pakai tetek bengek yang saya sebutkan di atas, otomatis, saya harus kerja ekstra yaitu xls to csv trus nanti baru bisa diupload ke MySQL. ARGH!!!! Padahal itu maunya real-time gitu…. 

Tidak tahu kenapa sekolah tempat saya ini belum ikut siap-online yang difasilitasi oleh Telkom. Jika sudah pake itu, kerjaan saya agak enteng dong. Apa boleh buat, yang harus saya kerjakan adalah mengkoneksikan PowerPoint dengan file Excell olah data PPDB. Sekadar koneksi dua file itu mudah, yang harus dipikir adalah updating otomatisnya.

Akhirnya setelah mencoba-coba Macro sedikit, googling, saya ketemu solusinya: DataPoint. Katanya ini adalah semacam add-on PowerPoint yang bisa mengkoneksikan file PowerPoint dengan data dari file Access, Excell, dan teks. Trus, jika datanya berubah, secara otomatis dia pun akan mengupdate data yang tertampil pada presentasi PowerPoint. Wow!

Informasi lengkap tentang DataPoint dapat Anda peroleh di sini.

Trial software ini dapat Anda unduh di sini.

Dan akhirnya…. presentasi pendaftar di sekolah saya bisa saya tampilkan secara otomatis terupdate dengan bantuan DataPoint.

Cerita lengkap tentang settingnya insya Allah menyusul… juga cracking versi trialnya… hehehe

3 Komentar leave one →
  1. rianday permalink
    Agustus 6, 2009 3:41 pm

    mas klo mau pake koneksi mysql caranya gimana ya?

  2. syabani permalink
    Desember 19, 2009 4:48 pm

    Mas…kalo pake keynote bisa tidak dikoneksikan dengan data di number supaya bisa terus terupdate?

  3. ian permalink
    Juni 17, 2013 2:03 pm

    alhamdulilah nambah ilmu, makasi yo mas,, di tunggu cracknya…hehe🙂

Tinggalkan Balasan

