Skip to content

Bangsa Maya Tidak Percaya Kiamat 2012

November 26, 2009
tags: , ,

Ramalan akan datangnya kiamat pada 2012, tepatnya pada tanggal 21 Desember mulai santer mengemuka setelah saluran televisi History Channel menayangkan program 2012: End of Days pada 2006. Sebenarnya, sebelumnya telah banyak buku-buku yang menyebutkan ramalan itu, misalnya: The Maya, terbit pada 1966, oleh Michael D.Coe, Galactic Alignment oleh John Major Jenkins, juga 2012: The Return of Quetzalcoatl oleh Daniel Pinchbeck, dan masih banyak yang lainnya.

Darimanakah ramalan ini berasal, mengapa banyak yang mendukungnya?

Kalender Super Panjang Bangsa Maya

Asal usul munculnya ramalan kiamat ini adalah hari terakhir kalender super panjang milik bangsa Maya, suku bangsa Indian kuno yang jaya pada masa sebelum Columbus mampir ke Amrik.

Bangsa Maya punya kalender yang hitungannya sungguh amat panjang. Jika kalender yang kita gunakan punya hitungan 12 bulan, maka kalender mereka punya hitungan 13 b’ak’tun. Sedangkan 1 b’ak’tun=kira-kira 394 tahun masehi. Jadi, satu kalender mereka baru habis jika mencapai 13 b’ak’tun alias sekitar 5.125 tahun masehi.

Konon, setelah diitung-itung para ahli, kalender mereka bermula pada 11 Agustus 3114 SM. Kalender ini berbasis 20, bukan 10 seperti hitungan yang kita kenal sekarang ini. Jadi bilangan 0.0.0.1.5 sama dengan 25 pada bilangan berbasis 20, dan 0.0.0.2.0 sama dengan 40. Kalender ini menandai tanggal dengan menghitung jumlah hari sejak awal kalender ini digunakan.

Menurut kitab Popol Vuh milik bangsa Maya, kita hidup di masa dunia yang keempat. Popol Vuh menulis tiga masa sebelumnya saat para dewa gagal menciptakan dan penciptaan masa keempat di mana manusia hidup. Menurut kalender super panjang mereka, penciptaan ketiga berakhir pada awal b’ak’tun ke-13. Artinya, penciptaan dunia ketiga tersebut berakhir pada tanggal 12.19.19.17.19. Nah tanggal 12.19.19.17.19 selanjutnya akan terjadi pada 20 Desember 2012, diikuti dengan start b’ak’tun ke-14, yaitu 21 Desember 2012.

Berdasar fakta ini, beberapa orang menduga bahwa astronomer Maya kuno tahu bahwa akan terjadi penjajaran antara bumi, matahari dan pusat galaksi Bimasakti pada 21 Desember 2012. Mereka menduga kejadian langka ini merupakan tanda perubahan satu masa alam semesta ke masa berikutnya. Mereka mengklaim pada saat itu, bumi dan penduduknya akan mengalami transformasi fisik atau spiritual. Menurut mereka, inilah alasan mengapa kalender Maya berakhir pada tanggal itu.

Prediksi Bencana Pada 21-12-2012

John Major Jenkin mengklaim bahwa penjajaran bumi, matahari, dan pusat galaksi akan terjadi saat matahari terbit pada 21 Desember 2012. Saat itu, matahari akan terbit tepat di tengah pusat galaksi sehingga terjadi penjajaran. Menurutnya, kejadian ini menyebabkan beberapa perubahan di bumi. Menurut ahli astronomi, kejadian ini hanyalah fenomena visual dari pandangan di bumi disebabkan oleh goyangan bumi setiap 26 ribu tahun, dan tidak terjadi pada posisi sebenarnya di tata surya. Dengan demikian, nggak ada kekuatan gravitasi atau radiasi yang muncul dari kejadian ini, selain sedikit perubahan posisi bumi.

Michael Tsarion di Future of Mankind mengemukakan bahwa penjajaran system tata surya kita dengan bidang datar galaksi bimasakti akan terjadi pada hari itu. Sistem tata surya bergerak ke sekitar pusat galaksi setiap 225 juta tahun. Pada gerakan ini, system tata surya akan bergerak naik turun secara siklus menembus bidang datar galaksi setiap 33 juta tahun. Menurut Journal Nature, ada bukti system tata surya kita pernah melintasi bidang datar galaksi 3 juta tahun yang lalu. Ini berarti kita saat ini sedang bergerak menjauhi bidang datar galaksi, bukan menuju ke arahnya, dan kita tidak akan melintasinya sampai 30 juta tahun kemudian.

Kebanyakan ahli astronomer dan ahli kebudayaan Maya menolak teori penjajaran galaksi. Tidak ada bukti arkeologis bahwa bangsa Maya punya ramalan hari kiamat berkaitan habisnya satu masa kalender super panjang mereka. Karena itu, klaim Jenkins dan penulis buku lainnya di atas hanyalah spekulasi semata. Lagian, karena pusat galaksi Bimasakti tidak bisa dilihat tanpa teleskop berkekuatan tinggi, bangsa Maya tentunya tidak tahu lokasi pusat galaksi ini. Ada juga perdebatan bahwa penjajaran terjadi setiap 36 tahun, berdasar diameter matahari. Jika ini benar, sangat mungkin penjajaran telah terjadi tanpa ada insiden apa pun pada 1998.

Ada juga teori tentang planet tak dikenal, kadang disebut planet X atau planet Nibiru, yang diduga mempunyai orbit aneh yang hanya akan memasuki system tata surya kita setiap 3600 tahun. Dugaannya, planet ini akan kembali melintas system tata surya kita pada 2012 dan akan mengakibatkan banyak masalah. Dugaan ini berasal dari penerjemahan teks kuno Sumeria oleh Zecharia Sitchin. Dugaannya telah banyak dibantah, bahkan oleh temannya sendiri, Michael Heiser.

Bangsa Maya dan 2012

Susan Milbrath, kurator kebudayaan Amerika Latin di Museum Florida, mengatakan, “Kami –komunitas arkeolog- tidak punya catatan atau pengetahuan bahwa mereka –orang Maya- berpikir bahwa dunia akan kiamat pada 2012.”

“Bagi bangsa Maya, perayaan besar-besaran harusnya diadakan pada akhir satu siklus kalender,” kata Sandra Noble, direktur Foundation for the Advancement of Mesoamerican Studies, Inc. Menanggapi ramalan 21 Desember 2012 sebagai hari kiamat atau saat pergeseran kosmik, ia berkata, “Itu hanyalah akal-akalan dan kesempatan sebagian orang untuk cari uang.”

“Akan ada siklus berikutnya,” kata E. Wyllys Andrews V, direktur Tulane University Middle American Research Institute. “Kami tahu bahwa orang Maya berpikir pernah ada satu siklus sebelum ini, ini membuktikan mereka oke-oke saja dengan ide bahwa akan ada satu siklus setelah ini.”

Beberapa prasasti Maya menunjukkan tanggal setelah 2012. Kebanyakan berbentuk tanggal yang akan datang, di mana sebuah tanggal kalender super panjang ditulis berikut durasi waktu yang ditambahkan. Contoh, di prasasti Palenque, ditemukan tanggal 9.8.9.13.0 8 Ahau 13 Pop atau 24 Maret 603 Masehi, dengan durasi waktu yand ditambahkan  yaitu 10.11.10.5.8. Hasilnya adalah 1.0.0.0.0.8 5 Lamat 1 Mol, atau 21 Oktober 4772 Masehi, hampir 3000 tahun ke depan. Raja Pacal dari Palenque meramal bahwa pada hari itu peringatan ke-80 putaran kalender akan penobatannya sebagai raja. Artinya, raja ini nggak percaya dunia akan berakhir pada 2012.

Kesimpulannya, tanggal 21-12-2012 bagi bangsa Maya hanyalah reset alias putar ulang system kalender mereka, nggak lebih nggak kurang. Sayang, gara-gara super panjangnya kalender mereka, mereka sendiri nggak mengalami momen putar ulang kalender mereka ini.

Sebagai muslim, kita wajib beriman akan adanya kiamat. Masalah tanggal tepatnya, jelas hanya Allah yang tahu. Jelas, kita nggak percaya ramalan beginian. Toh, yang punya sumber ramalan pun ternyata juga nggak percaya kiamat akan datang pada hari itu. He-he-he…

( ditulis oleh Wirawan Yogiyatno, lahir pada tanggal 21 Desember 1978)

6 Komentar leave one →
  1. November 26, 2009 6:13 am

    Thank’s apreciate Boss Wirawax di Blog TENTANG DIGITAL saya…
    Suku Maya saat ini, secara keseluruhan, tidak menaruh ketertarikan apapun pada 2012. Meskipun perputaran kalender masih digunakan oleh sejumlah suku Maya di dataran tinggi Guatemala, Hitungan Panjang masih diberlakukan oleh suku Maya klasik, dan baru-baru ini ditemukan kembali oleh para arkeolog.Tetua Maya, Apolinario Chile Pixtun dan arkelolog Meksiko, Guillermo Bernal, keduanya mencatat bahwa “kiamat” adalah konsep Barat yang tidak memiliki kesamaan dengan kepercayaan Maya. Bernal percaya bahwa ide seperti itu telah disisipkan pada suku Maya oleh bangsa Barat karena mitos mereka sendiri “lenyap”. Arkeolog Maya, Jose Huchm mengeluh bahwa, “Bila aku pergi ke komunitas penutur bahasa Maya dan menanyakan orang-orang apa yang akan terjadi pada 2012, mereka tak tahu apa-apa. Apakah dunia ini segera berakhir? Mereka takkan mempercayaimu. Kami sangat mempermasalahkan hal ini, layaknya hujan.”
    Kesamaan yang diberikan suku Maya klasik tentang tanggal 2012 belum jelas. Kebanyakan prasasti Maya klasik masih bersejarah dan tidak membuat pernyataan ramalan apapun. Dua benda dalam sisa sejarah Maya menyebutkan akhir baktun ke-13: Tortuguero Monument 6 dan, kemungkinan Chilam Balam. Seperti yang saya tulis di Suku Maya tentang 2012. Semuanya belum jelas. Tapi kita kembali ke diri masing-masing. Karena masih banyak orang yang enggan mencari tau apa dan bagaimana Fenomena 2012 itu . Artikel tentang Fenomena 2012 ini sudah saya bredel habis-habisan. Tapi masih saja lebih banyak orang yang tertarik mendownload film-nya, dari pada membaca pembahasannya lebih mendalam.
    anyway. Thank’s berat wat share dan responnya….Salam

  2. November 26, 2009 6:16 am

    Salam dari Om Digit.
    Thank’s apreciate Boss Wirawax di Blog TENTANG DIGITAL saya…
    Suku Maya saat ini, secara keseluruhan, tidak menaruh ketertarikan apapun pada 2012. Meskipun perputaran kalender masih digunakan oleh sejumlah suku Maya di dataran tinggi Guatemala, Hitungan Panjang masih diberlakukan oleh suku Maya klasik, dan baru-baru ini ditemukan kembali oleh para arkeolog.Tetua Maya, Apolinario Chile Pixtun dan arkelolog Meksiko, Guillermo Bernal, keduanya mencatat bahwa “kiamat” adalah konsep Barat yang tidak memiliki kesamaan dengan kepercayaan Maya. Bernal percaya bahwa ide seperti itu telah disisipkan pada suku Maya oleh bangsa Barat karena mitos mereka sendiri “lenyap”. Arkeolog Maya, Jose Huchm mengeluh bahwa, “Bila aku pergi ke komunitas penutur bahasa Maya dan menanyakan orang-orang apa yang akan terjadi pada 2012, mereka tak tahu apa-apa. Apakah dunia ini segera berakhir? Mereka takkan mempercayaimu. Kami sangat mempermasalahkan hal ini, layaknya hujan.”
    Kesamaan yang diberikan suku Maya klasik tentang tanggal 2012 belum jelas. Kebanyakan prasasti Maya klasik masih bersejarah dan tidak membuat pernyataan ramalan apapun. Dua benda dalam sisa sejarah Maya menyebutkan akhir baktun ke-13: Tortuguero Monument 6 dan, kemungkinan Chilam Balam. Seperti yang saya tulis di Suku Maya tentang 2012. Semuanya belum jelas. Tapi kita kembali ke diri masing-masing. Karena masih banyak orang yang enggan mencari tau apa dan bagaimana Fenomena 2012 itu . Artikel tentang Fenomena 2012 ini sudah saya bredel habis-habisan. Tapi masih saja lebih banyak orang yang tertarik mendownload film-nya, dari pada membaca pembahasannya lebih mendalam.
    anyway. Thank’s berat wat share dan responnya….Salam

  3. November 26, 2009 6:23 am

    @om digit
    sama-sama mas… salam balik

  4. November 30, 2009 11:39 pm

    Makasih bang atas infonya…Salam!

  5. Desember 1, 2009 8:24 pm

    Boleh saya simpan infonya ? barangkali bisa diperuntukkan bagi mereka yang histeris dan ketakutan dengan 21 des’2012 itu…

  6. Desember 2, 2009 12:34 pm

    @PanDe Baik:

    silakan disimpan infonya…

    … eh… lebih baik disebarluaskan daripada disimpan

    ….dikopi-paste juga boleh, asal menyebutkan sumber dan menyertakan link ke tulisan saya ini…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: