Skip to content

Ukasyah dan Tentara

Februari 10, 2009

ukasyah dengan baju tentara

ukasyah dengan baju tentara

Pindah sekolah kadang bukan hal mudah bagi seorang anak. Ini terjadi juga pada Ukasyah, anak saya. Satu dua hari pertama adalah hari paling menakutkan baginya.
Beruntung ada hari untuk memakai pakaian bebas, sehingga dengan memakai pakaian kesukaannya, Ukasyah –saya harapkan- jadi agak lebih berani.
Karena pakaian kesukaannya adalah pakaian doreng ala tentara, saya punya kesempatan untuk membujuknya agar mau dan berani masuk sekolah.
Dengan gaya mendikte afirmasi ala TDW atau motivator lainnya, saya pun mendoktrin Ukasyah, “Nah, sekarang Ukasyah pake baju tentara, berarti Ukasyah seperti tentara dong, tentara itu berani, jadi Ukasyah berani masuk sekolah, iya kan?”
“He-eh,” jawab Ukasyah nurut saja.
“Bi-bi aku tentara lho,” lanjutnya memberi tahu saya –Abi adalah panggilan saya.
Wow, saya dapat bahan lebih untuk mengintimidasi dong.
“Iya, Ukasyah tentara, jadi Ukasyah berani dong, ya?”
“Iya..”
Ukasyah dan saya pun berangkat ke sekolah.
Sepanjang perjalanan, saya berusaha mengafirmasi Ukasyah, “Ukasyah siapaaaaa?” (setengah teriak)
“Tentaraaaa” jawab Ukasyah (teriak beneran).
“Ukasyah beraniiii?” saya tanya lagi (ikutan teriak beneran).
“Beraniiiii!!!!” jawab Ukasyah (tambah teriak).
Berulang kali afirmasi itu saya berikan ke Ukasyah biar Ukasyah berani masuk sekolah.
“Ukasyah siapaaaaaa?”
“Tentaraaaaa”
“Ukasyah beraniii?”
”Beraniiii”
Dengan diulang-ulangnya afirmasi itu dan tampang Ukasyah yang yakin saat teriak-teriak, saya jadi lega. Phew, kayaknya usaha saya berhasil deh.
Sepeda motor yang kami naiki pun masuk gerbang sekolah.
Ukasyah turun dari sepeda motor. Saya tersenyum-senyum tanda menang. Ukasyah berarti sudah berani masuk sekolah, nih. Kata hati saya.
Sejenak kemudian, Ukasyah pun berbalik menghadap abi, “Bi-bi, kuberitahu…”
“Apa sayang?” tanya saya.
“Sekarang aku sudah bukan tentara lagi!” katanya. Singkat, tegas, dan telak.

Gubrak!!! Oh Ukasyah-Ukasyah!

5 Komentar leave one →
  1. Juli 5, 2009 1:18 pm

    salam kenal kakak ukasyah. aku juga namanya ukasyah, ukasyah rosyid, tapi ngetik dibantu umi, karena masih 6 bulan

    • Juli 11, 2009 5:43 pm

      salam kenal juga…. dik eh bu, ngakunya ukasyah tapi kok yg tertulis detty… hehehe

  2. Juli 14, 2009 12:22 pm

    sing ngetik mboke, pak

  3. adit setiawan permalink
    Agustus 15, 2009 3:30 pm

    AKU suka sekali baca artikel yg ada hubunganya dgn tentara,
    karana aku jg bercita2 untk mjd tentara

    aku EX.CATAR 2008.
    ADIT SETIAWAN
    420147/CATAR-AKMIL/08
    FS: taruna_tidar@yahoo.com
    web: http://www.smago2007.wordpress.com
    08562896776
    ajenrem072 jogjakarta,

    aku adalah salah satu catar dari ratusan catar seindonesia,
    tahun 2008 lalu aku gagal meraih mimpiku untk menjadi taruna akmil,
    aku gugur di trapus, sidang pusat, pusdik ajen lembang bandung,
    mungkin tuhan belum meridhoiku penjuanganku tahun lalu..
    dalam pendaftarn kali ini, aku berharap, alloh meridhoiku ,agar agusts besok aku bs mjd capratar n mengikuti pendidikan candradimuka,
    dikaki lembah tidar yg kucintai,
    tekadku udah bulat
    hatiku udah mantap,
    akan kuabdikan sluruh jiwa n ragaku untk kesatuan bumi pertiwiku,
    akan kukibrkan dwi warna panji dgn smangat patriotìsmeku,
    biar badan hancur lebur,
    darahku terkucur,
    tapi semangatku tak kan kendur,
    untk menperthankan ideologi pancasila,

    tuhan..
    jika Engkau berkenan,
    kumohon dengan ketulusan hati dan jiwaku,
    ijinkanlai aku untk mengikti pendidikan candradimuka, di tahun 2009 ini,

    adhitakarya mahatvavirya nagarabhakti
    VIVA ACADEMY MILITARY NATIONAL

    post by:
    lelaki berjiwa patriot
    ex.catar.adit setiawan

    PLEASE VISIT MY BLOG.

    http://www.smago2007.wordpress.com

  4. fenny permalink
    Juni 24, 2010 2:08 pm

    ya buat mas adit q doain cita – citanya tercapai,q juga ibu persit lho mas, buat adek kenapa kok takut sekolah kan dah pake baju tentara jadi harus berani ya!

Tinggalkan Balasan

