Skip to content

Citra Diri Anda Sekarang: Bagaimana Suara Hati Anda

Februari 4, 2009

Betapa seringnya dan otomatisnya kita menghakimi diri sendiri. Apakah Anda pernah bertanya pada diri Anda sendiri, “Apa yang sedang aku pikirkan?” Atau berpikir, “Oh, benar-benar bodoh diriku ini,” saat mengerjakan sesuatu? Itu semua adalah suara dalam hati yang sedang memvonis diri Anda. Duh, pada sebagian orang, suara dalam hati itu bisa begitu kritis banget, sangat mencela, kejam, yang akhirnya berakibat rendahnya harga diri.

Mendengarkan suara dalam hati dan penilaiannya atas diri Anda merupakan langkah awal untuk memperbaiki citra diri Anda menuju diri ideal. Sadar akan kritik terhadap diri sendiri bisa membantu Anda menemukan citra diri Anda sekarang ini dan menentukan apakah ia perlu peningkatan dan bagaimana caranya.

Ada satu cara yang mudah untuk memahami gimana sebenarnya citra diri Anda saat ini. Caranya adalah dengan membayangkan reaksi Anda terhadap situasi tertentu. Contohnya saja, saat melihat pagi hari yang cerah dan indah, Anda bereaksi, “Begitu cerahnya! Aku pengin segera keluar rumah dan melakukan sesuatu!” Ini merupakan tanda bahwa Anda punya citra diri yang positif. Kalimat yang otomatis dan secara reflek terucap demikian menandakan bahwa Anda antusias plus bersemangat terhadap hidup ini. Bisa saja reaksi Anda terhadap pagi yang cerah nan indah itu begini, “Ayolah, bangun, pemalas! Segeralah berangkat bekerja…” Kalimat yang kedua ini adalah kalimat yang memarahi diri Anda sendiri. Ini merupakan suatu tanda bahwa Anda sedang punya citra diri yang tidak positif.

Tapi, kadang-kadang begitu sulit bagi kita untuk mendengarkan suara dalam hati kita itu, bahkan saat suara itu kritis. Kadang-kadang seseorang melewatkan begitu saja vonis dirinya sendiri untuk melindungi dirinya dari situasi yang enggak enak. Contohnya begini. Anda diminta mempresentasikan suatu makalah. Nah, gara-gara Anda takut gagal atau takut ditertawakan, Anda langsung saja bilang bahwa Anda nggak bisa atau Anda meyakinkan diri Anda bahwa orang-orang nggak akan suka lihat penampilan Anda. Nah, yang kayak gini bisa bikin harga diri Anda jadi rendah dan semakin rendah.

Jangan khawatir. Ada solusi kok buat melindungi diri Anda sendiri tanpa membatasi diri. Contoh saja, Anda dapat memandang ringan opini orang lain tentang diri Anda. Saat Anda diminta presentasi di depan forum, Anda bisa berpikir, “Lalu, ngapain jika mereka nggak suka penampilanku? EGP…!” Atau Anda bisa membangun pikiran positif, “Paling nggak, aku sudah berani presentasi!” Atau Anda bisa men-stop suara negatif dari dalam hati atau mengkoreksinya ketika ia membesar-besarkan sifat negatif Anda.

MAIN-MAIN SEBENTAR, YUX!

Seberapa positif citra diri Anda? Tandai benar atau salah pernyataan di bawah ini. Nggak ada aturan apa pun kecuali Anda jujur saat menjawabnya. Jika jujur, insya Allah, Anda akan tahu nilai yang sesungguhnya dari citra diri Anda. Oke, kita mulai!

1. Minuman di gelasku selalu setengah kosong, enggak setengah isi.

2. Aku selalu meminta maaf terhadap apa saja yang kuperbuat.

3. Aku selalu bilang ke diriku bahwa aku ‘seharusnya’ melakukan ini atau melakukan itu.

4. Aku selalu mengkritik diriku sendiri.

5. Apa yang orang lain pikir tentangku menentukan perasaanku terhadap diriku.

6. Aku kritis terhadap kesalahanku dan senantiasa mengingat-ingat kesalahanku.

7. Aku selalu membuat kecewa orang yang peduli kepadaku.

8. Aku merasa dunia ini membebaniku

9. Kesalahan yang sedikit sama saja dengan kesalahan yang komplet.

10. Aku membungkukkan diriku untuk menyenangkan orang lain.

11. Aku nggak yakin telah melakukan suatu pekerjaan dengan baik kecuali kalau ada orang lain yang menyatakannya.

12. Sulit bagiku untuk memaafkan dan melupakan.

13. Aku harus berusaha keras daripada ornag lain dalam menjaga hubungan sosial dan aku takut hubungan yang kujalin dengan orang lain akan gagal.

14. Jika aku mengerjakan sesuatu nggak sebaik orang lain, maka itu artinya aku nggak sebagus mereka.

15. Jika aku nggak bisa mengerjakan sesuatu dengan baik, ini artinya aku nggak perlu mengerjakan sesuatu itu sama sekali.

Sekarang, yang Anda jawab benar, Anda beri nilai 1. Trus, jumlahkan. Trus lihat penilaian tentang citra diri Anda ini:

0 – 4: Anda secara umum mempunyai cara berpikir positif dan sudah merasa bagus tentang diri Anda sendiri. Jagalah perasaan ini!

5 – 8: Anda mungkin sedang berjuang melawan beberapa emosi negatif. Mmm, luangkan waktu untuk menemukan hal-hal positif dan berkualitas pada diri Anda.

9 atau lebih: Anda begitu kritis terhadap diri Anda. Tantanglah diri Anda sendiri untuk mengubah caramu berpikir.

Berapa pun nilai Anda dari tes singkat citra diri di atas, Anda perlu banget untuk meningkatkan citra diri Anda.

Yang dapet nilai 9 ke atas dari tes di atas tentu perlu banget untuk meningkatkan citra diri. Yang duduk di derajat kedua juga masih perlu untuk meningkatkan citra dirinya. Yang dapet peringkat pertama? Masih perlu juga lho! Ngapain? Soalnya kan itu citra diri Anda sekarang. Layaknya iman, citra diri itu fluktuatif alias naik turun. Ada teori yang bilang bahwa peristiwa-peristiwa dalam kehidupan kita bisa mempengaruhi citra diri kita. Mungkin Anda yang saat ini dapat peringkat pertama dari tes tadi baru mendapatkan nikmat takdir yang baik; misal karir sukses, financial nggak masalah, keluarga rukun-rukun saja, dan lain-lain. Nah, itu semua kan nggak bisa Anda kendalikan sepenuhnya. Suatu hari, bisa jadi karir Anda turun, Anda nggak punya duit, keluarga Anda lagi dapat masalah. Yang bisa Anda kendalikan adalah diri Anda. Inilah pentingnya tetep belajar meningkatkan citra diri Anda dan membawanya menuju diri ideal yang Anda cita-citakan. (*)

One Comment leave one →
  1. Oktober 15, 2009 11:25 am

    Nice writing, cukup dalam dan inspiratif. Untuk referensi silang, mungkin bisa dibaca dalam artikel saya berjudul Mengejar Kebahagiaan atau Ilusi Kebahagiaan. Salam kenal dan sukses selalu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: