Skip to content

Empat Alat Manajemen Waktu

November 28, 2006

Waktu selalu menyertai kita. Waktu tak akan bisa kembali lagi. Hari kemarin tetap hari kemarin. Tidak ada mesin waktu kayak di cerita-cerita konyol. Siapa yang nggak bisa memanajemen waktu dengan baik akan tertebas waktu itu sendiri.
Oke, manajemen waktu pernah dibahas di rubrik ini. Namun selalu ada pengembangan-pengembangan baru yang kita perlu tahu untuk memanajemen waktu dengan baik. Kali ini, pertama kali Anda kudu punya komitmen untuk mengatur waktu, dan seterusnya, aturlah waktu dengan 4 alat manajemen waktu di bawah ini!

Membuat komitmen untuk mengontrol waktu Anda merupakan langkah pertama bagi manajemen waktu yang sukses. Langkah selanjutnya adalah merencanakan dan memprioritaskan waktu Anda dengan menuliskan tujuan hidup Anda.
Manajemen waktu secara tertulis nggak hanya bikin rencana Anda lebih efektif, namun juga akan memperdalam komitmen Anda terhadap tujuanmu. Tambahan lagi, Anda akan punya catatan untuk memandu, menelusur balik, serta menganalisa tujuan Anda. Secara ideal, Anda seharusnya hanya punya satu sistem perencanaan waktu yang membundel elemen-elemen berikut ini secara bersama.

Satu: Gunakan Pensil
Jika Anda ingin menjadwal hidup Anda, lupakan bolpoin atau sesuatu yang bertinta. Anda akan membuat perubahan-perubahan dalam perencanaan karena itu sebuah pensil dapat lebih menolong Anda membuat perubahan tersebut tanpa bersusah payah mencari tip ex. Lagian, penggunaan pensil akan menolong Anda untuk tetap fleksibel saat Anda merencanakan waktu Anda. Hidup bisa jadi tak terprediksi dan pensil merupakan alat yang nggak rewel untuk mengubah-ubah. Dengan kata lain, alat sederhana ini membantu Anda lebih mampu mengendalikan rencana-rencana Anda.

Dua: Juga Kalender
Sebuah kalender memberi Anda pandangan ke depan yang luas dari seluruh komitmen Anda –belajar, dakwah, keluarga, pribadi, komunitas dan sosial. Masukkan janji baru, kejadian, pertemuan, deadline suatu kerjaan, juga tanggal ketika Anda merencanakan untuk memulai sesuatu dengan baik. Untuk menghindari terlalu banyak penjadawalan, pastikan kalender Anda siap diakses setiap waktu –ketika di sekolah, di rumah, dan ketika dalam perjalanan.

Tiga: Rencakan Aktivitas Mingguan Anda
Luangkan waktu seminggu sekali untuk menjadwalkan janji, komitmen belajar, tugas, waktu pribadi, waktu keluarga, dan lainnya dalam perencanaan satu minggu ke depan. Bermurah hatilah dalam estimasi waktu untuk penyelesaian tugas dan rancanglah deadline yang layak. Berpikir realistislah mengenai waktu Anda. Jika perlu gunakan stabilo agar jika ada acara dadakan, jadwal yang telah ditulis tetap terlihat jelas.

Empat: Buatlah Daftar Kerja Harian
Sebuah daftar kerja bisa jadi sangat bernilai untuk menolong Anda mengendalikan waktu Anda. Tentu di samping sebuah kalender. Sebuah daftar kerja memberi Anda pandangan sekilas terhadap apa saja yang Anda butuhkan, atau Anda sukai untuk diselesaikan pada hari Anda.
Orang lain merasa bahwa daftar kerja merupakan pembuangan waktu yang nggak efisien. Tapi, jika digunakan secara benar, daftar kerja ini mampu:
-Meminimalisir kebingungan karena adanya pengkategorian prioritas kegiatan serta jelasnya tujuan akhir
-Menjaga acara-acara sepele yang senantiasa kudu diwaspadai
-Meningkatkan kemampuan Anda dalam mengingat karena ketika Anda kudu menuliskan segala sesuatu, pikiran Anda pun akan aktif bekerja
-Menolong Anda memprioritaskan aktivitas Anda.
Mengerjakan beberapa hal dalam suatu hari tanpa sebuah daftar kerja bisa membuat bekerja begitu saja tanpa arahan yang jelas. Kadang Anda bisa temui orang yang sore hari sudah kehabisan tenaga tapi tetap bingung, kepalanya pusing, hatinya mengeluh, “Aku tahu aku tadi sudah sibuk, tapi tampaknya tidak ada hasil dari seluruh aktivitasku tadi.”

Menyusun Daftar Kerja Anda
Nah, kini saatnya bagi Anda untuk menyusun suatu daftar kerja
1. malam sebelumnya atau pagi-pagi sekali, pikirkan seluruh kerjaan harian Anda dan tulislah. Pakai kertas kosong atau notes kecil nggak masalah, yang penting tulis saja. Jangan lupa hal-hal atau kerjaan-kerjaan yang sepele!
2. kelompokkan mereka dengan menggunakan kode, seperti: A= item yang harus dikerjakan, B = item yang seharusnya dikerjakan, C = item yang bisa dikerjakan
Jadi prioritas pengerjaan A lebih tinggi dari B dan C. Sedangkan prioritas kategori B lebih tinggi dari C.
3. prioritaskan tiap kelompok dengan menambahkan nomor setelah huruf, contoh:
A1 menyelesaikan tugas matematika
A2 mengerjakan tugas kelompok biologi
B1 ke kantor pos ambil wesel
B2 memposkan tagihan
B3 ke laundri
C1 telepon keluarga
C2 merapikan berkas-berkas
Di dalam tiap kategori angka yang lebih kecil menunjukkan prioritas yang lebih tinggi. Jadi prioritas pengerjaan A1 lebih tinggi daripada A2.

Menjalankan Daftar Kerja Anda
Pertama banget, jadikan daftar ini mudah dilihat setiap waktu selama hari-hari Anda supaya Anda tetap terfokus dan berada pada jalur yang benar.
Kerjaan-kerjaan tersebut harus diselesaikan berurutan sesuai nilai prioritas kerjaan tersebut, kecuali jika kerjaan tersebut punya waktu sisipan, seperti pertemuan atau pelajaran di kelas. Masukkan kerjaan-kerjaan yang bisa dikerjakan secara cepat ke kategori B dan C. Tujuan Anda adalah menyelesaikan seluruh item A, dan sedapat mungkin B serta C. Walaupun demikian, tetaplah realistis dengan batasan waktu Anda dan prioritas Anda. Tidak semua kerjaan merupakan kategori A hari ini, bahkan jika hal tersebut sangat penting.
Berilah tanda cek atau silang pada setiap tugas yang telah Anda selesaikan. Pada akhir setiap hari, pindahkan item kerjaan yang belum bisa Anda selesaikan ke daftar kerja hari lainnya. Daftar kerja hari lainnya bisa berarti hari berikutnya atau seminggu lagi, atau hari yang lain sesuai dengan perencanaan waktu Anda. Ini menjaga seluruh kerjaan yang belum selesai tetap nggak terlupakan. Ketika Anda gagal menyelesaikan suatu kerjaan pada suatu hari, cantumkan panah padanya dan pada tanggal berikutnya di mana Anda menambahkan kerjaan itu.
Contoh: à 1/3 C2 merapikan berkas-berkas. Ini berarti kerjaan ‘merapikan berkas-berkas’ Anda pindah pada tanggal 1 Maret dengan prioritas C2.
Dengan memindahkan kerjaan-kerjaan tertentu, sadarilah bahwa prioritas kerjaan itu pun dapat berubah. Karena itu, perhitungkan pula prioritas kerjaan-kerjaan yang Anda pindahkan tersebut. Walaupun ‘merapikan berkas-berkas’ bisa jadi Anda beri kode C2 hari ini, tapi dalam beberapa hari, ia dapat naik masuk kategori A atau B.
Jangan berharap diri Anda bisa menyelesaikan seluruh item karena mesti ada item-item yang punya prioritas lebih rendah yang bisa dilaksanakan pada waktu mendatang.
Di sisi lain, jika Anda menyelesaikan seluruh kerjaan Anda hari ini, Anda dapat melihat jadwal kerjaan ke depan dan menyelesaikan beberapa kerjaan yang Anda rencanakan untuk Anda selesaikan pada hari-hari depan tersebut. Artinya kerjaan pada hari-hari depan bisa Anda selesaikan pada hari tersebut. Dengan begini, Anda bisa menabung waktu, dan tabungan waktu tersebut suatu hari dapat Anda buka sebagai hari istirahat.
Jika Anda punya sebuah kalender dengan penjilid spiral, Anda bisa menempatkan daftar kerjaan Anda pada penjilid spiral tersebut. Anda bisa lebih efektif jika daftar kerjaan Anda terletak nggak jauh-jauh dari kalender harian Anda.
Jadikan menambahkan tugas serta janji ke daftar kerja harian Anda sebagai kebiasaaan. Namun, ketika Anda punya ide cerah untuk menyelesaikan sesuatu jangan tunda sesuatu yang harus Anda selesaikan tersebut hingga hari sebelum hari deadlinenya. Kalaupun Anda nggak bisa mengerjakannya ketika Anda dapat ide cerah tersebut, Anda bisa menuliskan ide cerah tersebut, hingga jika tiba waktu untuk menyelesaikannya, Anda tinggal menjalankan ide cerah Anda tersebut.

Tips Ringan tapi Penting
Terakhir kali, ada beberapa tips agar manajemen waktu Anda lebih menggigit.
Pecahlah proyek besar menjadi beberapa kerjaan yang dapat diatur yang dapat diselesaikan dalam suatu jangka waktu. Ini mencegah Anda dari terbebani dengan pekerjaan.
Seorang psikolog dan terapis merekomendasikan untuk memulai mengerjakan sebuah kerjaan kecil atau bagian kecil dari suatu kerjaan yang besar. “Hal ini cenderung memotivasi Anda untuk meneruskannya karena ini memberimu perasaan penting bahwa daftar kerjaan Anda bermanfaat bagi Anda.” Katanya.
Jangan biarkan acara pembuatan daftar kerja memakan waktu pengerjaan kerjaan itu sendiri! Terlalu banyak waktu untuk mempersiapkan daftar kerjaan Anda tanpa beraksi tentu saja merupakan acara buang-buang waktu.

Realistislah
Penggunaan empat alat manajemen waktu ini merefleksikan komitmen Anda kepada diri Anda sendiri dan tujuan Anda. Dengan menggunakan waktu untuk memetakan tujuan Anda menjadi langkah kecil secara bulanan, mingguan, dan harian, Anda sedang dalam perjalanan meraih mimpi Anda.
Sistem manajemen waktu ini memang membuat Anda berkonsentrasi dan punya tanggung jawab terhadap rencana hidup Anda. Walaupun demikian, sistem ini nggak bisa digunakan untuk mengukur sukses Anda. Alih-alih, ia merupakan alat untuk mengatur waktu Anda semata. Ukurlah sukses dengan kualitas hidup Anda dan bukan dengan banyaknya item yang telah kau coret di daftar kerja Anda.
Menjadi sibuk mengatur waktu merupakan pembuangan waktu yang tak berarti. Karena itu, empat alat manajemen waktu ini menolong Anda tetap fokus pada proyek besar –menjalani hidup dengan arti dan tujuan. Bukankah ini alasan Anda mengapa Anda ingin mempraktekkan manajmen waktu efektif tadi? Bukankah dengan manajemen waktu ini Anda ingin lebih berkualitas?
Semakin Anda melatih kebiasaan pemercepatan waktu ini, semakin banyak kendali Anda atas waktu dan hidup Anda. Pengendalian ini membuat Anda menjadi lebih sadar dan paham terhadap diri Anda sendiri sehingga Anda tambah pede dan tambah berkualitas.(*)

Lihat manajemen waktu lebih lanjut di Waktu Berkualitas, Masalah pun Tuntas!

63 Komentar leave one →
  1. Januari 17, 2007 1:19 pm

    Jazakumullah atas sharingnya Pak..! sekarang saya bisa menemukan cara mengatur waktu dengan efektif🙂

  2. Aninta Putri permalink
    Januari 29, 2007 3:44 pm

    setelah aku membaca website ini, aku merasakan banyak perubahan yg terjadi dalam diriku. apalagi sekarang aku bisa mengatur waktu sebaik mungkin dan dapat membagi waktu dengan teman dan keluarga ku. thank’s yach

  3. Maret 10, 2007 8:37 am

    penulis artikel ini memang pinter.

    Keep moving

    Octavian Elang – Trainer 1000watt

  4. April 19, 2007 8:45 am

    thank’s artikelnya, tambahan refrensi on airku…

  5. April 19, 2007 8:46 am

    thank’s artikelnya, nambah refrensi on airku…

  6. yeny permalink
    Mei 29, 2007 10:41 am

    Matur Nuwun, artikelnya benar2 membangun…

  7. ariots permalink
    Juli 6, 2007 4:39 pm

    Luar biasa Mas. Artikel Anda menambah wawasan saya akan pengembangan diri. Semoga saya bisa mengambil manfaat dari tulisan Mas. Saya ingin segera mempraktekannya. Jazakumullah khair atas amal shalihnya. Wassalam

  8. Rizky permalink
    Agustus 2, 2007 9:36 am

    Assalammualaikum…..
    Artikelnya bagus banget.Saya sangat setuju bahwa untuk memberikan kualitas yang terbaik adalah dengan menjaga kualitas waktu kita.Seseorang yang berkualitas pasti dia memiliki manajemen waktu yang baik serta disiplin dalam menjalankan apa yang telah direncanakannya.
    Thank`s atas artikelnya.Artikel ini memberikan semangat baru pada saya untuk tetap melaksanakan manajemen waktu.Karena saya termasuk orang yang yakin bahwa salah satu kunci kesuksesan adalah waktu dan disiplin.
    Wassalam…..

  9. Agus permalink
    Agustus 24, 2007 3:09 pm

    Bener juga, saya setuju!

  10. Oktober 18, 2007 10:51 am

    Thanks for sharing and salam kenal

  11. Januari 2, 2008 4:09 pm

    artikel ini mempunyai pesan-pesan meral yang membangun bangsa ini agar tidak tertinggal jauh dari bangsa lain.namun dalam penyampaian pesan ini kurang mengenai sasaran.secara keseluruhan artikel ini sangat bagus.

  12. atri permalink
    Januari 17, 2008 6:24 pm

    Akan coba saya praktekkan sarannya. Thank banget ya.

  13. santi permalink
    Januari 25, 2008 6:21 pm

    Terimakasih banyak atas info dan sharingnya. Semoga bermanfaat..

  14. Maret 30, 2008 10:55 am

    Artikel ini sangat membantu…

  15. Annuur permalink
    Mei 7, 2008 9:12 am

    gooood aja deh…

  16. Mei 19, 2008 9:26 am

    Bagus sekali, terima kasih,

    Wassalamu ‘alaikum,
    Aep/abu AlFaFa

  17. Juli 15, 2008 11:56 am

    sangat membantu sekali dalam memotifasi saya untuk mengatur waktu saya dalam bekerja yang sering tidak tentu arah kemana saya akan menempatkan tujuan saya bekerja hari itu, mudah mudahan penulis selalu memberikan motifasi untuk kita agar bisa membuat hidup kita lebih percaya diri

  18. Agustus 4, 2008 12:25 pm

    TERIMA KASIH

  19. ariev permalink
    September 10, 2008 1:01 pm

    makasih oM, bagus banget artikelnya!!

  20. kisahdoktermuda permalink
    Oktober 22, 2008 7:45 am

    ass.. salam kenal ya..
    akhirnya terdampar disini..
    makasih ..postingnya keren..numpang ngopy yoo..
    jgn lupa main ke kisahdoktermuda.wordpress.com

  21. November 30, 2008 12:02 pm

    Trima kasih tipsnya akhi. Semoga dgn ini,qt dpt memanftkn wkt dgn baik.

    http://rumaysho.wordpress.com

  22. marliza permalink
    Desember 10, 2008 8:48 am

    sayua akan mencoba tips yang di berikan…kayaknya saya menemukan semangat baru lg…stelah sy mrasa krisis kpercyaan diri..smga tips# lainya…da lg.gw tunggu

  23. Desember 17, 2008 10:42 am

    thanx yah… artikel ini bikin aq semangat lagi….

  24. ali baba permalink
    Januari 27, 2009 6:22 pm

    makasih semoga yg menulis artikel ini masuk surga..
    karena ia telah membantu manusia utk berpikir bahwa waktu sangatlah penting.. sesuai QS Al’Ashr..
    Jazakumullah…
    alie anak cilacap

  25. athe permalink
    Februari 2, 2009 11:22 am

    makasih atas artikelnya…
    saya termasuk orang yang tidak pernah taat pada manajemen waktu
    n orangnya agak cuek ama waktu, walaupun dari dulu sudah bekerja
    tapi…semenjak saya pindah kerja..bagi saya waktu berarti sekali,,
    n artikel ini membantu saya untuk merubah diri saya terutama dalam manajemen waktu…
    makasih yah….

    athe…orang pontianak

    sama-sama

  26. someone permalink
    Februari 16, 2009 10:11 pm

    thank’s…terutama..pensil dan buku catatan kecil…tapi bagaimana biar gak hilang ..ya?

    Pensil biasanya diselipin di telinga….becanda… catatan kecil di saku saja…. Kalo saya biasa sedia pensil di mana saja, catatan kecil ada selalu di tas saya

  27. Februari 20, 2009 11:29 am

    saya ingin sukses dengan mulai memanajemen waktu dengan baik.makasih artikelnya.saya copy ya, mau tak sebarin ke temen saya.Smangat.!!!

    silakan dicopy paste, tapi mohon disebutkan url sumbernya ya… biar yg lain juga terbantu…

  28. drfitraresna permalink
    Februari 25, 2009 5:34 am

    thx banget…. saya jadi terbantu banget. saya emang lagi bingung banget gimana manajemen waktu yang baik dalam ngurusin kerjaan baru yang dibarengin sama skripsi. sementara target lulus saya uda deket, manajemen waktu saya buruk banget…. thx banget lah…. numpang ngopy ya….🙂 SUKSES!!

    thx balik… silakan dicopy paste, mohon cantumin sumbernya, biar yg lain juga terbantu… SUKSES JUGA!!

  29. gsmd_3 permalink
    Maret 2, 2009 8:05 am

    terima kasih banyak ,,,
    semoga dapat di implementasikan ,,

  30. Maret 10, 2009 1:39 pm

    bisakah aku mempraktekan….??? terkadang aku bisa dlm hal teori tp dalam praktek …. gak th

  31. diki saefurohman permalink
    Maret 13, 2009 2:56 pm

    hebat, postingannya banyak banget. pak asaya minta ajarin memaksimalkan penggunaan wordpress. tolong kirimin aja tips2nya ke alamat e-mail saya (adzkahk@gmail.com)

  32. Maret 18, 2009 3:32 pm

    assalamu’alaikum…..
    bagus artikelnya. Ijinkan saya untuk mem-postnya kembali di blog saya…..

    wa’alaikumussalam… silakan… sertakan link sumbernya.. thx

  33. Maret 19, 2009 12:03 pm

    oh ya mas…afwan kmarin alamatnya g ane jabarin. Tapi udah ane ralat setelah itu. Afwan…..

  34. Sasse Indarto permalink
    Maret 27, 2009 2:53 pm

    tp tetep yang lebih penting adalah disiplin. sebagus apapun manajemen waktu yang kita lakukan, jika kita tidak berdisiplin mematuhi jadwal yang telah kita buat, tetep aja sia-sia.

  35. ponari permalink
    April 16, 2009 1:16 pm

    bagus manajemen waktunya, sangat bermanfaat.was

  36. Dodi catur permalink
    April 20, 2009 11:11 pm

    artikel seperti ini yang dibutuhkan oleh setiap orang (termasuk saya.)……🙂 thanx

  37. April 21, 2009 9:43 am

    teriam kasih mas
    artikelnya bagus banget dan bermanfaat
    saya akan mencobanya

  38. Mei 14, 2009 2:25 am

    ni dia artikel yg udh lama dicari2…trim’s ya…!!

    • Mei 14, 2009 1:42 pm

      trims balik…. ikut senang karena Anda sudah menemukannya!

  39. Noor Ihsan dari UMS permalink
    Juni 20, 2009 12:00 am

    Assalamu ‘alaykum..
    wah lama ndak ketemu… malah nemu di sini…
    gimana kabare mas?
    masih inget ma aku🙂
    sekarang tinggal dimana? masih di ElFata?

    • Juli 11, 2009 5:46 pm

      sekarang saya di yogya, jakal km 12,5 ke barat sedikit… masih di Elfata, koresponder saja, status sekarang jadi tukang ngoceh di lab komputer

  40. Cut Keumala permalink
    Juni 21, 2009 3:24 pm

    membantu dan memberikan pencerahan .. thanks lot mas😀

  41. Juli 4, 2009 5:25 pm

    Terimakaish banyak mas Wira, saya lagi stress time management nih.

  42. rahmat permalink
    Juli 5, 2009 8:56 pm

    this is..what i need..thanks ya mas

  43. Mario permalink
    Juli 7, 2009 11:04 am

    terima kasi atas artikelnya semoga saya bisa mengatur waktu saya dengan baik..

  44. Nungki Poy permalink
    Juli 9, 2009 9:38 pm

    Woooow… materi yang bagus buat si share di kelas.. Thanks ya mas…

  45. Juli 11, 2009 5:48 pm

    @asrofi, rahmat, mario, nungki poy: terimakasih kembali… senang bisa membantu

    @nungki poy: buat di share? nungki guru atau dosen?

  46. erik permalink
    Juli 14, 2009 6:22 pm

    top banget artikelnya, biasanya saya sebagai anak kuliah sering kewalahan memanajemen waktu…thanks postingnya….(KKN-PPL UNY 09) visit erikjazzy.multiply.com

    • Juli 17, 2009 9:26 am

      thanks juga… kalo perpisahan kkn besok main gitar solo ya..

      • September 9, 2009 2:38 pm

        saya jarang online pak…ini juga gratisan…he
        siap pak kalau g keluarnya penyakit malunya…he

  47. Franz permalink
    Juli 19, 2009 9:36 pm

    Top abiz. Tp yg susahna dsiplin. Anywy thanks 4 the artkel.

  48. Agustus 13, 2009 12:50 pm

    Assalam…

    ArtikelY menumbuhkan semangat baru untuk menjalani hari2 hingga tujuan hidup ini tercapi.

    Wassalam..

  49. laivin permalink
    September 23, 2009 11:28 am

    artikel yang hebat

  50. Desember 19, 2009 2:32 pm

    kayak ya kita satu misi dan visi nihhh
    keep join! pareeng ….

  51. Januari 18, 2010 11:19 am

    terimakasih ya pak, saya sangat terbantu. panjenengan dosen?

  52. Januari 18, 2010 11:20 am

    terimakasih ya pak, saya sangat terbantu. panjenengan dosen?
    saya copy ya pak. tenang.. sumbernya saya cantumkan juga

    • Januari 18, 2010 5:07 pm

      terima kasih kembali… saya guru komputer di smk mbak… kadang2 saja jadi pembantu dosen kalo ada tutorial universitas terbuka alias jadi tutor mahasiswa universitas terbuka… salam sukses

  53. umam permalink
    Februari 21, 2010 11:14 pm

    mg2 ja aQ bisa ketularan jadi disiplin!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: