Skip to content

Membangun Citra Diri Positif

November 28, 2006

Mencintai orang lain? Wah, itu biasa dilakukan remaja seusia kita. Mencintai diri sendiri? Nah, ini malah belum tentu bisa dilakukan dengan baik oleh remaja seusia kita.
Mencintai diri sendiri bukan berarti kita menjadi orang yang sombong lagi takabur. Mencintai diri sendiri malah lebih cenderung kepada mensyukuri apa yang Allah berikan kepada diri kita. Dalam ilmu psikologi populer, mencintai diri sendiri berarti adalah kita memiliki citra diri yang positif.
Apa pentingnya mencintai diri sendiri ini? Manfaat apa saja yang kita raih dari memiliki citra diri positif? Itu semua bisa Anda simak di bawah ini. Nanti, kita juga akan tahu kiat apa yang kita perlukan untuk membentuk citra diri yang positif. Baca saja!

Pentingnya Citra Diri yang Positif
“Anda adalah sebagaimana yang Anda pikirkan tentang diri Anda sendiri” Bingung? Versi aslinya, mungkin malah lebih mudah dipahami: “You are what you think”. Ini adalah kalimat pepatah luar negeri. Maksudnya adalah jika kita memiliki citra diri positif, maka kita akan mengalami berbagai macam hal positif sesuai dengan apa yang kita pikirkan.
Banyak ahli percaya bahwa orang yang memiliki citra positif adalah orang yang beruntung. Citra diri yang positif membuat mereka menikmati banyak hal yang menguntungkan, antara lain:

Membangun Percaya Diri
Citra diri yang positif secara alamiah akan membangun rasa percaya diri, yang merupakan salah satu kunci sukses. Orang yang mempunyai citra diri positif tidak akan berlama-lama menangisi nasibnya yang sepertinya terlihat buruk. Citra dirinya yang positif mendorongnya untuk melakukan sesuatu yang masih dapat ia lakukan. Ia akan fokus pada hal-hal yang masih bisa dilakukan, bukannya pada hal-hal yang sudah tidak bisa ia lakukan lagi. Dari sinilah, terdongkrak rasa percaya diri orang tersebut.

Meningkatkan Daya Juang
Dampak langsung dari citra diri positif adalah semangat juang yang tinggi. Orang yang memiliki citra diri positif, percaya bahwa dirinya jauh lebih berharga daripada masalah, ataupun penyakit yang sedang dihadapinya. Ia juga bisa melihat bahwa hidupnya jauh lebih indah dari segala krisis dan kegagalan jangka pendek yang harus dilewatinya. Segala upaya dijalaninya dengan tekun untuk mengalahkan masalah yang sedang terjadi dan meraih kembali kesuksesan yang sempat. Inilah daya juang yang lebih tinggi yang muncul dari orang dengan citra diri positif.

Manfaat Citra Diri yang Positif
Seseorang yang memiliki citra diri yang positif akan mendapatkan berbagai manfaat, baik yang berdampak positif bagi dirinya sendiri maupun untuk orang-orang di sekitarnya. Manfaat-manfaat yang terasakan oleh si empunya citra diri positif dan lingkungannya tersebut adalah:

Membawa Perubahan Positif
Orang yang memiliki citra diri positif senantiasa mempunyai inisiatif untuk menggulirkan perubahan positif bagi lingkungan tempat ia berkarya. Mereka tidak akan menunggu agar kehidupan menjadi lebih baik, sebaliknya, mereka akan melakukan perubahan untuk membuat kehidupan menjadi lebih baik.
Masalah pengangguran tidak membuat orang bercitra diri positif mencak-mencak dan memaki pemerintah. Orang seperti ini akan berusaha mencari dan membuat lapangan pekerjaan bagi diri dan lingkungannya. Hingga ia bisa meyakinkan investor dan memulai usahanya, lapangan pekerjaan pun akan terbuka. Perubahan positif tidak hanya terasakan oleh dirinya, namun juga oleh lingkungannya.

Mengubah Krisis Menjadi Keberuntungan
Selain membawa perubahan positif, orang yang memiliki citra positif juga mampu mengubah krisis menjadi kesempatan untuk meraih keberuntungan. Citra diri yang positif mendorong orang untuk menjadi pemenang dalam segala hal. Menurut orang-orang yang bercitra diri positif, kekalahan, kegagalan, kesulitan dan hambatan sifatnya hanya sementara. Fokus perhatian mereka tidak melulu tertuju kepada kondisi yang tidak menguntungkan tersebut, melainkan fokus mereka diarahkan pada jalan keluar.
Seringkali kita memandang pada pintu yang tertutup terlalu lama, sehingga kita tidak melihat bahwa ada pintu-pintu kesempatan lain yang terbuka untuk kita. Kita seringkali memandang dan menyesali kegagalan, krisis dan masalah yang menimpa terlalu lama, sehingga kita kehilangan harapan dan semangat untuk melihat kesempatan lain yang sudah terbuka bagi kita.
John Forbes Nash, pemenang nobel di bidang ilmu pengetahuan ekonomi dan matematika, justru merasa tertantang ketika mengalami soal matematika atau permasalahan ekonomi yang sulit. Kesulitan-kesulitan ini menurut Forbes, merupakan kesempatan untuk membuktikan kemampuannya memecahkan masalah tersebut. Kesulitan dan masalah dalam matematika dan ekonomi, mendorongnya untuk mencari cara-cara baru yang lebih efektif dan kreatif sebagai solusi bagi permasalahan tersebut.

Strategi Membangun Citra Diri Positif
Setelah kita menyadari pentingnya memiliki citra diri positif, dan manfaat memiliki citra diri positif, tentunya kita juga ingin tahu bagaimana membangun citra diri yang positif. Berikut ini hal-hal yang harus dilakukan untuk membentuk citra diri yang positif:

Persiapan
Salah satu cara membangun citra diri positif adalah melalui persiapan. Dengan persiapan yang cukup, kita menjadi lebih yakin akan kemampuan kita meraih sukses. Keyakinan ini merupakan modal dasar meraih keberuntungan. Dengan melakukan persiapan, kita sudah berhasil memenangkan separuh dari pertarungan. Persiapan menuntun kita untuk mengantisipasi masalah, mencari alternatif solusi, dan menyusun strategi sukses. Persiapan dapat diwujudkan dengan mencari ilmu pengetahuan yang mendukung kita dalam menyelesaikan suatu masalah. Persiapan juga berarti latihan fisik dan perencanaan strategi bagi atlet-atlet olahraga.

Berpikir Unggul
Untuk membangun citra diri yang positif, kita harus berpikir unggul. Cara berpikir unggul seperti ini akan mendorong kita untuk senantiasa berusaha menghasilkan karya terbaik. Mereka tidak akan berhenti sebelum mereka dapat mempersembahkan sebuah mahakarya. Muhammad Ali, petinju asal Amerika Serikat, telah menjadi petinju legendaris dengan segudang prestasi yang membanggakan. Semua ini dapat diraih Ali karena selalu berpikir unggul. Setiap kali bertanding, yang dipikirkan oleh Ali adalah kemenangan. Ali tidak pernah berpikir kalah, tetapi selalu berpikir menang. Dengan tujuan kemenangan, Ali dan pelatih serta semua yang mendukungnya berlatih dan menyusun strategi untuk membukukan kemenangan yang sudah dipikirkan sebelumnya.

Belajar Berkelanjutan
Selain melalui persiapan yang tepat serta berpikir unggul, citra diri positif juga bisa dibangun melalui komitmen pada pembelajaran berkelanjutan. Hasil belajar akan membawa perubahan positif dengan menambah nilai bagi orang yang berhasil mendapatkan pengetahuan ataupun keterampilan baru, yang bisa dijadikannya modal untuk maju meraih sukses. Tanpa semangat untuk senantiasa mengembangkan diri, orang yang sudah memiliki citra positif bisa saja lalu kehilangan citranya tersebut karena tidak dianggap ”unggul” lagi atau tidak dianggap mampu menambah nilai bagi masyarakat sekitar melalui karya-karya yang dihasilkannya.
Seringkali orang yang sudah berada di tingkat atas merasa tak perlu lagi untuk belajar. Ia memandang remeh untuk belajar lagi, ia pikir, “Toh, aku sudah sukses.” Tambahan, orang seperti ini lebih enggan lagi untuk belajar pada orang yang lebih rendah dari dirinya. Hasilnya, ketika ia dirundung masalah, keberhasilannya pun melorot. Orang yang lebih rendah yang terus belajar akan menggantikannya dan menangani masalah dengan lebih baik.

Ternyata, banyak juga manfaat yang bisa kita peroleh jika kita mempunyai citra diri yang positif. Tunggu apa lagi? Insyaallah, mencintai diri sendiri dengan memiliki citra diri yang positif ini tak seruwet jika kita terjebak dengan kisah mencintai orang lain. Selamat membangun citra diri yang positif!(*)

About these ads
32 Komentar leave one →
  1. Desember 17, 2006 7:35 pm

    Terima kasih awak.. saya baru sahaja dapat tahu tentang web awak ni.. :) melalui blog search.. dan terus baca artikel ini..

  2. deux permalink
    Desember 20, 2006 10:12 am

    Halaman yang anda bikin tampak sederhana loh tampilannya, tapi isinya jadi kelihatan lebih menonjol. Model halaman macam ini yang sering saya cari. Mbok saya diajarin, caranya bikin. Termasuk masang link-link kaya gitu. Salut pada anda.

  3. deux permalink
    Desember 20, 2006 11:00 am

    hebat pagenya

  4. inayah permalink
    Januari 8, 2007 10:08 am

    klo bisa sih lbi dibri motivasi yg nyata dgn membrikn conto2 agr dpt menjdi rujukan. Tpi uda bagus koq cuma prlu ditambah lgi sprti saran sy diats agar lbi hidup.ok

  5. inayah permalink
    Januari 8, 2007 10:10 am

    o”iya bs ga sy dikirimin artikel ke email sy ttg artikel yg mmbri motivasi?

  6. Januari 20, 2007 6:15 pm

    makasih2

  7. arif permalink
    Februari 18, 2007 9:48 pm

    thankkyu

  8. Santi permalink
    Februari 28, 2007 8:53 am

    saya dimarahin dosen saya terus buat nyari hal positif dalam diri, dan berbagai analisanya,, hh,, untung saya membaca ini.

  9. meykke permalink
    Maret 10, 2007 3:05 pm

    makasih ya…..

    aku tu bisa ngambil pelajaran dari sini.

    tapi hidup memang harus banyak perjuangan ya

  10. April 2, 2007 2:33 pm

    BETULLLL,emang perlu diawalidari berfikir positif mengenai diri sendiri,klo mo di pandang hebat oleh orang lain.

  11. April 2, 2007 2:37 pm

    emmmm….makasih bgt atas text ini,ngebantu banget buat hidup aQ ternyata berfikir positif itu penting yaa,pantesan hidup Aq selama ini kuuleun.

  12. miss_ryu permalink
    April 28, 2007 1:07 pm

    makasih y!berguna banget loh…!

  13. asre permalink
    Mei 14, 2007 5:14 pm

    thanksssssssssssss bgd..
    dengan ngebaca setidaknya otak mulai merangsang dan mencoba berpikir untuk selanjutna gmn

  14. nasr permalink
    September 26, 2007 8:02 pm

    aq salut dgn kata2 dari semua ini..
    kata2nya bgtu singkat,tapi artinya begitu dalam…
    thankz bgt ya…
    smoga makin sukses…

    Thanx banget juga…. Amin atas doanya

  15. ZEIRA SALIM permalink
    November 27, 2008 10:30 pm

    saya zeira..disaat ini saya mengalami problem yang sangat memberatkan usaha toko saya, dimana tingkat penjualan toko saya terus mengalami penurunan sehingga menggangu keuangan perusahaan dan akibatnya kesulitan untuk membayar hutang yang jatuh tempo..bagaimana caranya agar dapat mengembalikan citra/kepercayaan diri saya yang mulai berlahan-lahan runtuh.

  16. zhaaid permalink
    Januari 23, 2009 8:04 pm

    Saya copas bole ya? ingin dibagi dengan teman :) thanx sebelumnya.

    Sangat boleh…. sebarkan ilmu yang bermanfaat ini

  17. April 12, 2009 7:29 am

    saya merasa orang tdk menyukai saya. saya bingung knpa org2 seperti itu? bsa minta bntuannya_?

  18. Lily permalink
    Juni 17, 2009 10:47 am

    Jempol….Tulisanx menarik. Smg aq bisa mlatih diri u sll b positif thinking…

  19. Agustus 2, 2010 11:58 am

    Makasih atas artikel citra positifnya..eh ngomong2 ada nggak ya cuplikan film menarik tentang membangun citra diri positif ini ? mohon saran dan terima kasih banyak

  20. andi alamsyah bustam permalink
    September 26, 2010 7:47 pm

    sbg pimpinan perusahaan yg bergerak di bidang agency marketing property,stiap hari sy hrs memberi motivasi di setiap meeting atau briefing dan kebetuln besok sy membawakn materi citra diri yg positif,setelh membaca dari buku ke buku sy coba2 mencari di internet dan menemukan tulisan anda maka lengkaplh pembahasan sy ttg citra diri yg positif.trims and GBU

  21. Desember 22, 2010 9:36 am

    wah bagus sekali materinya. saya memang sedang mencari materi ini

  22. sangwidhy permalink
    Oktober 24, 2011 7:47 am

    Thanks Mas Yogi u share nya… Baru nemu nih… Inspiratif bgt u memulai membangun citra diri positif, wlu mungkin agak terlambat y u saya… hehehehehehe…

    Salam sukses…

  23. Oktober 25, 2011 12:02 am

    mengeyangkan sekaligus menyenangkan yang saya rasakan dari membaca artikel yang satu ini,terima kasih udah d share

  24. Dendys Darmawan permalink
    Januari 11, 2012 11:21 pm

    Sangat inspiratif dan bermanfaat…

    Terima kasih… :)

  25. Joko sulistyo permalink
    April 29, 2012 2:47 pm

    Salam sukses.motivasi pengembangan citra diri ini sangat bagus skali,makasih saya jg terinpirasi dengan kehidupan baru,memang dalam dunia bisnis,citra diri harus di utamakan,saya banyak blajar dari anda,tentang citra diri,dengan adanya anda smga insan yg didunia ini bisa membaca artikel anda,smg perpikiran positif smua,dan blajar menumbuhkan citra diri yg positif,salam sukses,,joko sulistyo,solo jawa tengah,k-link international

  26. November 24, 2012 1:22 pm

    Reblogged this on M M and commented:
    helpfully banget mas.thanx mas

Trackbacks

  1. Review Blog ini di 2010 oleh WordPress « .:Wirawan:Yogiyatno's:Note:.
  2. Membangun Citra Diri Positif » Artikel Arunals
  3. Membangun Citra Diri Positif « Loekito

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: